Kota Casablanca Yaitu Kota Yang Bersejarah, Maroko

Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah, Maroko

Casablanca merupakan kota modern yang didominasi oleh budaya kolonial Prancis. Dalam Bahasa Arab, kota ini disebut dengan Dar al-Bayda , sedangkan dalam Bahasa Berber disebut dengan Anfa . Secara geografs, Casablanca terletak di tepi Samudra Atlantik, wilayah barat-laut Maroko. Dengan Rabat , Casablanca berjarak sekitar 87 km di sebelah barat. 

Sedangkan dengan Marrakesh, Casablanca berjarak sekitar 245 km di sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3,4 juta jiwa pada tahun 2015. Menurut sejarah, wilayah kota ini telah dihuni oleh bangsa Berber semenjak 7 masa sebelum masehi. Saat ini, Casablanca merupakan kota pelabuhan utama dan sentra ekonomi finansial bagi negara Maroko, dan seluruh wilayah Afrika.

Apa saja landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Casablanca? Berikut 8 di antaranya:

Hassan II Mosque

 Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah, Maroko
Kota Casablanca Maroko


Merupakan masjid terbesar di negara Maroko, yang menjulang tampak menjulang tinggi dari Samudra Atlantik. Masjid ini terletak di Bd Sidi Mohammed Ben Abdallah, Sour Jdid, tidak jauh dari pelabuhan Casablanca. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1986 di area seluas 9 hektar atas perintah Raja Hassan II. Pada tahun 1993, konstruksi masjid selesai dan Hassan II Mosque resmi dibuka ke publik. Bangunan Hassan II Mosque mempunyai arsitektur perpaduan antara Arab – Andalusia dan Moorish, serupa dengan Koutoubia Mosque di Marrakesh. Masjid ini mempunyai 1 kubah dan 1 minaret dengan tinggi 210, yang merupakan minaret tertinggi di dunia. Masjid ini sanggup menampung sampai 105.000 jamaah: 25.000 jamaah di dalam bangunan utama, dan 80.000 jamaah di halaman masjid. Penduduk lokal sering menjuluki masjid ini sebagai Casablanca Hajj. Dari stasiun railway Casa-Port, cukup berjalan kaki selama 20 menit, untuk mencapai kawasan wisata ini,

Quartier Habous, atau Nouvelle Medina


(New Medina), merupakan area pasar tradisional (souk ) yang terletak di Route del Jadida, sekitar 1 km di sebelah tenggara sentra kota Casablanca. Area ini hampir serupa dengan Old Medina, tetapi di sini banyak terdapat lorong-lorong kecil dan toko-toko milik penduduk lokal.

 Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah, Maroko
Quartier Habous
Quartier Habous pertama kali dibangun oleh kolonial Prancis pada tahun 1930 dengan arsitektur khas Prancis, sebagai area suplemen bagi pemukiman penduduk. Setelah itu, penduduk lokal mulai membangun rumah-rumah mereka dengan gaya tradisional Maroko, sehingga terciptalah perpaduan antara bangunan berarsitektur Prancis dan gaya tradisional Maroko. Selain pasar tradisional, di Quarter Habous juga terdapat bazaar, craft shop, bakery dan café. Untuk mencapai kawasan wisata ini, gunakan bis No. 4 atau 40 dari Boulevard de Paris.

Old Medina

 Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah, Maroko
Old Medina

Merupakan area kota bau tanah Casablanca. Di sinilah sentra kota Casablanca pada zaman dahulu sebelum
diduduki oleh kolonial Prancis. Old Medina terletak di sebelah utara Place des Nation Unies, sentra kota Casablanca. Karena merupakan kota tua, area ini dikeilingi oleh tembok. Sama mirip Quarter Habous, area Old Medina ketika ini juga didominasi oleh pasar tradisional (souk). Dibandingkan dengan Old Medina di Marrakesh, pemandangan Old Medina Casablanca mungkin tidak seberapa. Tetapi jikalau berkunjung ke Casablanca, ada baiknya jikalau tidak lupa berkunjung ke kawasan ini. Selain pasar tradisional, landmark lainnya yang ada di Old Medina antara lain: Clock Tower yang merupakan pintu gerbang untuk masuk ke area ini; Skala, bangunan benteng yang berukuran kecil; serta masjid tertua di area ini.

La Corniche

 Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah, Maroko
La Corniche


Merupakan area yang terletak di pesisir pantai Casablanca. Area ini terletak di tepi Samudra Atlantik, di sebelah barat Hassan II Mosque. Area La Corniche mencakup jalan raya Boulevard de la Corniche dan Boulevard de l’Ocean Atlantique, yang terletak sempurna di tepi pantai. Salah satu pantai populer di kota ini yaitu Ain Diab Plage, yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, di sepanjang jalan di pantai ini berderet aneka macam hotel, restoran, dan café. Jadi, jikalau ingin menikmati pemandangan pantai Samudra Atlantik di Casablanca, La Corniche yaitu kawasan yang paling tepat.

Place Muhammed V, atau Square Muhammed V

 Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah Kota Casablanca Adalah Kota Yang Bersejarah, Maroko
Square Mohammed V

Merupakan sebuah lapangan yang dikelilingi oleh aneka macam bangunan kantor administrasi kota Casablanca. Bangunan-bangunan tersebut mempunyai arsitektur khas Maroko dan berderet di sepanjang jalan sehingga membuat suatu panorama yang unik di wilayah Casablanca, serupa dengan Dataran Merdeka di Kuala Lumpur. Bangunan-bangunan tersebut sebagian besar dibangun pada awal masa ke- 20. Beberapa bangunan utama di lapangan ini antara lain kantor gubernur (wilaya), Bank al-Maghrib, kantor pengadilan, kantor pos, dan kantor Kementrian Pertahanan. Di sebelah selatan terdapat taman Parc de la Ligue Arabe yang dihiasi dengan formasi pohon palm khas Maroko.

Mausolee Sidi Abdurrehman


Di Maroko, terdapat banyak mausolee (makam dan kawasan peristirahatan terakhir) tokoh-tokoh Sufi.
Salah satu mausolee utama yaitu Mausolee Sidi Abdurrehman yang terletak di Casablanca. Bangunan ini terletak di atas lautan Samudra Atlantik, sempurna di ujung area La Corniche. Mausolee ini terletak di atas kerikil karang dan hanya sanggup diakses ketika air bahari surut. Bangunan utama hanya sanggup dimasuki oleh Muslim, tetapi semua pengunjung sanggup mengunjungi area di sekeliling bangunan ini. Kompleks mausolee ini dibangun mirip area kota Medina yang dikelilingi oleh tembok, dengan cat putih. Jika kebetulan berkunjung ke area pantai La Corniche, selain pantai Ain Diab, Mausolee Sidi Abdurrehman ini juga wajid dikunungi.

Mahkama du Pacha



Merupakan kompleks bangunan pemerintahan yang terletak di pusat kota Casablanca. Kompleks bangunan ini terdiri atas mahkamah pengadilan dan reception hall. Bangunan berarsitektur Hispanic – Moorish ini pertama kali dibangun pada tahun 1948 dan mulai dipakai pada tahun 1952. Bangunan utama terdiri atas lebih dari 60 ruangan yang dihiasi dengan dekorasi khas Maroko. Untuk memasuki bangunan utama, tidak dipungut biaya sama sekali, tetapi tidak semua pengunjung diizinkan masuk ke dalam. Tempat wisata in ibis dikunjungi setiap hari Senin sampai sabtu mulai pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore. Untuk mencapai kawasan wisata ini, sanggup memakai bis No. 81 dari Boulevard de Paris.

Central Post Office atau kantor pos pusat


Terletak di Place Muhammed V , Casablanca. Kartu pos ketika ini mungkin sudah jarang digunakan, tetapi jikalau berkunjung ke Casablanca, salah satu souvenir yang menarik bagi para wisatawan yaitu kartu pos, yang dibeli di kantor pos ini. Kantor pos ini pertama kali dibangun pada tahun 1918. Dari luar bangunan ini tampak mirip bangunan khas Maroko yang lain, dengan cat warna putih. Tetapi coba masuk ke bab dalam bangunan, maka akan tampak interior yang dihiasi dengan mozaik ubin berwarna biru dan kuning. Karena mempunyai dekorasi interior yang unik, sehingga kantor pos ini menjadi salah satu kawasan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Casablanca.

Paket Tour Halal Maroko 

Maroko memang sangat populer dengan ke indahan arsitektur yang begitu indah dan menarik dan begitu kental dengan akan sejarah nya.



Salam + jika breminat hubungi cs kami.

0 Response to "Kota Casablanca Yaitu Kota Yang Bersejarah, Maroko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel